Facebook

Rabu, 31 Agustus 2011

DALIL-DALIL AL-QUR'AN TENTANG KEWAJIBAN TA'AT KEPADA RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM


Berkata Imam yang mulia imam Ahlus sunnah Imam Ahmad rahimahullah:

نظرت في المصحف فوجدت طاعة الرسول صلى الله عليه وآله وسلم في ثلاثة وثلاثين موضعا

"Aku melihat mushaf, maka aku mendapati (perintah) ta'at kepada Rasul Shallallahu Alaihi wa aalihi wasallam terdapat di 33 tempat."[1],yaitu dalam al-qur'an.



Diantaranya adalah firman Allah:

مَنْ يُطِعِ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ

"barangsiapa yang taat kepada rasul maka sungguh dia telah taat kepada Allah."

(QS.An-nisaa:80)



Dan firman-Nya:

وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

"Taatlah kalian kepada rasul semoga kalian dirahmati."

(QS.An-Nuur:56)



Dan firman-Nya Jalla wa'alaa:

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَا حُمِّلْتُمْ وَإِنْ تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلَّا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

"Katakanlah: "Taat kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling Maka Sesungguhnya kewajiban Rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. dan tidak lain kewajiban Rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang".

(QS.An-Nuur:54)



Dan Allah Azza wajalla berfirman:

قُلْ أَطِيعُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ

"Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, Maka Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir".

(QS.Ali Imran:32)



Dan ayat-ayat yang masih banyak lagi dari kitabullah Azza wajalla.

Dan telah datang pula perintah dari Allah Azza wajalla untuk mengikuti RAsul-Nya Shallallahu alaihi wasallam berupa perintah untuk menjadikannya sebagai suri tauladan dalam banyak tempat (dalam al-qur'an).

Allah Azza wajalla berfirman:

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

"Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

(QS.Ali Imran:31)



Dan Allah Azza wajalla juga berfirman:

فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

"Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya dan ikutilah Dia, supaya kamu mendapat petunjuk".

(QS.Al-A'raf:158)

Maka kebaikan itu –wahai para pembaca yang kami cintai- setiap kebaikan adalah dengan mengikutinya, dan berhukum dengan syari'at dan sunnahnya, dan kejahatan setiap kejahatan adalah menyelisihi petunjuknya,dan berpaling dari sunnahnya Shallallahu alaihi wa aalihi wasallam.




(haqqun nabi, Syaikh Abdullah Al-Bukhari)

Alih bahasa: Abu Karimah Askari bin Jamal

http://www.salafybpp.com/aqidah-islam/60-dalil-dalil-al-quran-tentang-kewajiban-taat-kepada-rasulullah-shallallahu-alaihi-wasallam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar